Minggu, 21 Oktober 2012

2.1 Simbol-simbol Dasar Diagram Alur (Flow Chart)

Flowchart adalah suatu teknik untuk menulis algoritma menggunakan simbol chart (gambar) dan garis panah.  Simbol chart  mewakili fungsi langkah pengerjaan, sedangkan simbol garis panah mewakili alir pengerjaan simbol chart. Simbol-simbol flowchart dibedakan menjadi 2 bagian, yakni pertama, simbol untuk program (Structured program flowchart) dan yang kedua, simbol untuk sistem (Structured system flowchart).

Structured program flowchart
Bagan alir  program (program flowchart) adalah suatu bagan yang menggambarkan alur logika dari data yang dikerjakan. Pengerjaannya diawali dari mulai dan diakhiri dengan selesai. Kegunaan bagan alir program ini adalah untuk menangani masalah yang rumit, Beberapa simbol program flowchart yang sering digunakan seperti pada gambar dibawah ini :

 

Flowchart untuk membandingkan dua bilangan
Berikut ini adalah contoh yang menggambarkan penulisan algoritma untuk membandingkan suatu bilangan yang lebih besar diantara dua buah bilangan yang dimasukkan oleh pengguna menggunakan teknik program flowchart.

Membandingkan 2 bilangan bulat
http://blog.uin-malang.ac.id/puspita/files/2010/10/ggggg.jpg 

Bagan alir system (system flowchart) adalah suatu bagan yang menggambarkan arus logika dari suatu masalah yang akan dikerjakan. Pengerjaannya diwaali dari mulai dan diakhiri dengan selesai. Kegunaan bagan alir system ini adalah untuk menjelaskan logika suatu masalah serta menjelaskan komponen komponen fisik dari suatu sistem

Beberapa simbol sistem flowchart yang sering digunakan seperti di bawah ini :

Referensi :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar